Pendidikan berasal dari bahasa Latin

Pendidikan berasal dari bahasa Latin
ejournal.iainkendari.ac.id, “Pendidikan” berasal dari bahasa Latin untuk “memimpin.” Jadi, ketika Anda mendidik anak-anak, Anda mengarahkan mereka dari satu tempat (spiritual, moral, atau akademik) ke tempat lain. "Sekolah" berasal dari kata Latin untuk "waktu senggang," yang mencerminkan fakta bahwa pendidikan formal jangka panjang dulunya khusus untuk anak-anak kaya yang memiliki waktu luang untuk belajar.Dan "pendidikan liberal" adalah pendidikan yang dirancang untuk membebaskan anak-anak dari kebodohan dan prasangka yang diwariskan dengan memberi mereka alat untuk berpikir untuk diri mereka sendiri dan untuk terus belajar sepanjang hidup mereka.

Sekarang Anda dapat membayangkan apa yang akan terjadi pada mereka yang putus sekolah karena satu atau lain alasan dan apa yang ada di depan mereka dalam kehidupan mereka. Tetapi tidak benar bahwa semua anak putus sekolah menderita dalam kehidupan mereka. Banyak dari mereka mencari tahu satu atau cara lain mencari nafkah. Dan beberapa dari mereka bahkan menjalani kehidupan yang patut dicontoh seperti Sri Ramakrishna, Guru Swami Vivekananda. Jadi, jika "mendidik" berarti "memimpin" maka jawaban untuk pertanyaan "Apa itu pendidikan?" Berubah dengan jawaban atas pertanyaan ini:

Di mana para pendidik bermaksud untuk memimpin siswa mereka? Pendidik Liberal ingin memimpin siswa mereka menuju kebebasan. Dorothy Sayers, 1947: Alat Belajar yang Hilang. Oligarchs dan Wall Street Robber Barons ingin membimbing anak-anak untuk berpuas diri seumur hidup dan belajar tentang ketidakberdayaan. George Carlin, The Reason Education Sucks (peringatan: vulgar lang). Komunis dan fasis ingin mengarahkan murid-murid mereka ke kepatuhan dan kepatuhan buta, [Sunting: ketidakpedulian terhadap penderitaan orang lain]. The Hitler Youth, misalnya: Gerakan Pemuda Hitler - Situs Pembelajaran Sejarah “Yang lemah harus dipahat. Saya menginginkan pria dan wanita muda yang dapat menderita kesakitan. Seorang pemuda Jerman harus secepat anjing greyhound, sekuat kulit, dan sekeras baja Krupp. ”—Hitler. Lihat juga: Komunis Rusia "Pionir Muda Lenin," " Buku Pegangan Pemimpin Pelopor Muda menyatakan bahwa" setiap perintis akan mendirikan sudut ateis di rumah dengan gambar-gambar, puisi, dan ucapan anti-agama, berbeda dengan ikon tradisional Kristen Rusia. sudut ... ". Vladimir Lenin All-Union Pioneer Organization – Wikipedia